• Sat. May 18th, 2024

Rumor! Apple Hentikan Produksi Chip Touch ID

Byadmin_webs

Dec 14, 2023

Apple dikabarkan telah menghentikan produksi chip Touch ID, teknologi pengenalan sidik jari yang digunakan pada beberapa produknya seperti iPhone, iPad, dan MacBook.

Keputusan ini diduga berkaitan dengan rencana Apple untuk beralih ke chip generasi terbaru, yaitu M3, yang akan menggunakan proses 3nm dari TSMC, pemasok utama chip Apple. freespin123

Alasan Apple Menghentikan Chip Touch ID

Salah satu alasan yang mungkin mendorong Apple untuk menghentikan chip Touch ID adalah karena teknologi ini sudah dianggap ketinggalan zaman dan kurang aman dibandingkan dengan teknologi pengenalan wajah, yaitu Face ID, yang sudah diterapkan pada produk-produk Apple terbaru seperti iPhone 13, iPad Pro, dan iMac 24 inci.

Face ID diklaim mampu memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan kemudahan dalam membuka kunci perangkat, tanpa perlu menyentuh tombol fisik atau sensor sidik jari.

Selain itu, alasan lain yang mungkin berpengaruh adalah karena Apple ingin menghemat biaya produksi dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola pasokan chip.

Dengan menghentikan chip Touch ID, Apple bisa fokus pada pengembangan dan produksi chip M3, yang diharapkan bisa memberikan kinerja yang lebih baik dan hemat energi daripada chip generasi sebelumnya, yaitu M1, M2, M2 Pro, dan M2 Max.

Chip M3 juga dikabarkan akan mendukung fitur-fitur baru seperti 5G, Wi-Fi 6E, dan MagSafe.

Dampak Penghentian Chip Touch ID

Penghentian chip Touch ID tentu saja akan berdampak pada produk-produk Apple yang masih menggunakan teknologi ini, seperti iPhone SE, iPhone 8, iPad Air, iPad mini, dan MacBook Air.

Produk-produk ini kemungkinan akan segera ditinggalkan oleh Apple dan tidak akan mendapatkan pembaruan sistem operasi atau dukungan teknis lagi.

Hal ini bisa mengecewakan bagi para pengguna yang masih setia dengan produk-produk Apple lama dan belum siap untuk beralih ke produk-produk Apple terbaru yang menggunakan Face ID.

Namun, penghentian chip Touch ID juga bisa menjadi peluang bagi Apple untuk menarik minat konsumen dengan menawarkan produk-produk baru yang lebih canggih dan inovatif.

Apple dikabarkan sedang menyiapkan beberapa produk baru yang akan menggunakan chip M3, seperti iPhone 15, iPad Pro, MacBook Pro, dan MacBook Air.

Produk-produk ini diharapkan bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memperkuat posisi Apple sebagai pemimpin pasar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *